Kamis, 24 Okt 2024
News

SEMARAK PAWAI MASKOT PILKADA 2024, KPU Sidoarjo Kirab Guk KASIJO Mendampingi Si-JALIH Diserahkan ke Surabaya

KPU Kabupaten Sidoarjo menggelar kirab maskot Guk KASIJO bersama Si – JALIH berangkat dari kantor di Jl. Cemengkalang Sidoarjo menuju Surabaya untuk diserahkan ke KPU Jatim.

SIDOARJO/SOROTMATA.COM – Si-JALIH, maskot pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jatim bersama Guk KASIJO, masko pemilihan bupati dan wakil bupati Sidoarjo, dikirab oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo, menuju Surabaya, pada Rabu (23/10) siang kemarin.

Berangkat dari kantor KPU di Jl. Cemengkalang Sidoarjo, maskot Pilkada 2024 ini telah diserahkan ke KPU Kota Surabaya, untuk dilanjutkan ke KPU Jatim.

Kegiatan ini sekaligus menandai berakhirnya seluruh rangkaian agenda pawai maskot di 38 wilayah kabupaten/kota se-Jatim. Ini juga sebagai ajang kegiatan sosialisasi KPU dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat Jatim dalam pesta demokarasi memilih gubernur, bupati dan walikota yang dihelat 27 Nopember mendatang.

Menyambut kedatangan maskot Si-JALIH, setelah berkeliling ke seluruh wilayah di Jatim, pihak KPU Jatim menyiapkan acara seremonial yang relatif semarak. Salah satunya melakukan pawai mobil hias diikuti 38 jajaran KPU kabupaten/kota se Jatim.

Rombongan pawai menampilkan defile kostum atraktif, seperti karnaval dan membawakan kesenian dari daerah mereka. Mereka menempuh jarak sekitar 4 Km, menyisir Jalan Rajawali, Jembatan Merah, Jalan Cendrawasih, JalanVeteran, dan Jalan Kebon Rojo dengan jarak tempuh sekitar 4 km.

Guna menambah semaraknya puncak seremonial, selain mengadakan Carnival mobil hias, KPU Jatim telah menyiapkan berbagai rangkaian acara hiburan. Di antaranya ada fashion carnival, barongsai, reog, serta seni budaya lainnya.

Sementara itu, KPU Sidoarjo sebagai pemegang estafet yang menyerahkan maskot Si-JALIH ke KPU Kota Surabaya, yang diteruskan ke KPU Jatim, hadir dengan membawa kru sebanyak 54 orang. “Dalam giat ini, seluruh anggota komisioner KPU ikut serta. Kami juga mengajak 50 orang dari perwakilan 18 PPK,” ujar Mukhammad Yasin, anggota komisioner KPU dari Divisi Sosdiklih, SDM,dan Parmas.

Sebagaimana saat prosesi penerimaan estafet Maskot dari KPU Pasuruan pada dua pekan lalu. Pada kirab kali ini, rombongan KPU Sidoarjo, untuk para pria menggunakan kostum setelan kemeja dan celana warna hitam serta udeng Pacul Gowang sebagai simbol mahkota kepala khas Sidoarjo.

Sedangkan rombongan wanita menggunakan kebaya bercorak dominan warna kuning. Tak ketinggalan, rombongan musik patrol ikut memeriahkan acara kirab tersebut. Sedangkan seremonial pawai mobil hias telah dilepas Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi, pada pukul 13.00 dengan Start Jl Pahlawan dan finish di Jl Gubernur Suryo. (Gis/Nur))



Baca Juga