Kamis, 19 Sep 2024
News

Penetapan Pimpinan Defenitif, Siang Ini DPRK Agendakan Penjadwalan Pembacaan Surat Dari Partai

SINGKIL/SOROTMATA.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Singkil yang telah mengagendakan rapat pembentukan fraksi dewan dan penjadwalan membacakan surat dari Parpol terkait penunjukan pimpinan defenitif, Selasa (17/9/2024).

Undangan yang diterima anggota dewan, agenda rapat pembentukan Fraksi Dewan di jadwalkan sekitar pukul 09.00 WIB, namun molor hingga sidang skor menunggu selesai agenda sidang penjadwalan membacakan surat masuk dari Parpol tentang usulan Pimpinan DPRK defenitif.

Sementara agenda pembacaan surat masuk partai yang di jadwalkan pukul 11.00 WIB, ditetapkan Pimpinan Sementara Darto, dijadwalkan setelah sidang skor istirahat sholat dan makan siang dan akan dilaksanakan sekitar pukul 02.00 WIB.

“Agenda sidang pembacaan surat masuk Parpol tentang penetapan pimpinan defenitif apakah semuanya sepakat untuk dijadwalkan setelah istirat,” ucap Darto selaku pimpinan sidang yang langsung disambut sepakat oleh 19 anggota DPRK yang menghadiri sidang rapat tersebut.

Sebelumnya sidang paripurna dalam agenda pembentukan fraksi dan membacakan surat masuk dari Parpol itu sempat dihujani interupsi dari sejumlah dewan.

Sebab menurut H Mairaya,(itang) untuk agenda pembentukan Fraksi Dewan harus sudah ada surat dari Partai Politik ke DPRK, kemana mereka akan bergabung.

Namun, karena belum ada surat balasan dari Pimpinan Parpol maka bisa dilanjutkan dengan via telp kepada pimpinan Parpol masing-masing.

Sesuai PP 12 tahun 2018 tentang tata tertib dewan, harus sudah dijadwalkan pembentukan fraksi dan penetapan ketua defenitif dewan hingga batas waktu 30 hari setelah pelantikan.

“Sidang fraksi di skor siang ini dan agendakan membacakan surat masuk pimpjnan defeniitif kemudian baru diagendakan pembentukan fraksi dan masih ada waktu kordinasi politik ke partai,” ucap Mairaya.

Termasuk anggota Dewan lainnya Juliadi juga meminta agar segera di bacakan dulu surat masuk dari DPP dan setelah itu pembentukan fraksi.

Selanjutnya Sadri juga mengingatkan sesuai jadwal undangan bahwa agenda penjadwalan penetapan pimpinan dan selanjutnya dijadwalkan paripurna penetapan pimpinan.

Hingga berita ini dikirimkan sidang masih skor menunggu dibuka kembali untuk membacakan surat masuk partai. (Sah)



Baca Juga